Payudara Wanita Selama Dan Setelah Kehamilan



Apa Yang Terjadi Pada Payudara Wanita Selama Dan Setelah Kehamilan?


Selama kehamilan, payudara wanita mempersiapkan laktasi. Susu biasanya datang dalam 3 sampai 4 hari setelah melahirkan, tapi ini mungkin terjadi kemudian untuk beberapa wanita. produksi ASI akan mulai jika Anda memiliki bayi melalui vagina atau jika Anda memiliki operasi caesar (C-section).
Apa yang terjadi pada payudara saya jika saya tidak menyusui?


produksi ASI akan berhenti dengan sendirinya dari waktu ke waktu. Sebelum hal ini terjadi, Anda mungkin memiliki salah satu dari berikut:

Susu kebocoran dapat terjadi. Tetes susu dapat bocor dari payudara Anda selama berminggu-minggu setelah melahirkan.Pembengkakan payudara juga dapat terjadi. Payudara Anda mungkin merasa sulit untuk disentuh. Anda mungkin melihat pembengkakan dan merasakan tekanan, ketidaknyamanan, atau sakit hingga 10 hari setelah melahirkan. pembengkakan payudara dapat menyebabkan Anda untuk mendapatkan demam dan memiliki nyeri otot. Meskipun pembengkakan dapat menjadi tidak nyaman, membantu produksi ASI menurun tubuh Anda.

Bagaimana Cara Merawat Payudara Setelah Melahirkan?



    Kenakan bra yang sesuai dengan benar dan memberikan dukungan kuat. Sebuah bra yang pas yang tidak terlalu ketat dapat menurunkan rasa sakit pada payudara dan jumlah susu yang bocor dari payudara Anda. Sebuah bra yang mendukung juga dapat mengurangi gejala pembengkakan. pengasuh Anda juga dapat memberitahu Anda untuk tidak merangsang puting Anda.

    
Tempatkan kompres es pada payudara Anda. Hal ini membantu pembengkakan penurunan payudara dan nyeri. Gunakan kompres es, atau meletakkan es hancur dalam sebuah tas dan menutupinya dengan handuk. Tanyakan pengasuh Anda seberapa sering dan berapa lama Anda harus menggunakan es.

    
Bertanya tentang obat-obatan untuk mengurangi nyeri payudara atau ketidaknyamanan. Over-the-counter obat nyeri, seperti ibuprofen atau acetaminophen, dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Mereka dapat dibeli dengan atau tanpa perintah dokter. Tanyakan berapa banyak untuk mengambil dan seberapa sering untuk mengambil obat ini. Ikuti arah. Ibuprofen dapat menyebabkan perdarahan lambung dan kerusakan ginjal jika tidak diambil dengan benar. Acetaminophen dapat menyebabkan kerusakan hati jika tidak diambil dengan benar.

Anda memiliki hak untuk membantu merencanakan perawatan Anda. Pelajari tentang kondisi kesehatan Anda dan bagaimana hal itu dapat diobati. Mendiskusikan pilihan pengobatan melalui pengasuh Anda agar memutuskan apakah perawatan yang Anda ingin menerima. Anda selalu memiliki hak untuk menolak pengobatan. Informasi di atas adalah bantuan pendidikan saja. Hal ini tidak dimaksudkan sebagai nasihat medis untuk kondisi individu atau perawatan. Berbicara dengan dokter, perawat atau apoteker sebelum mengikuti rejimen medis untuk melihat apakah itu aman dan efektif untuk Anda.