Pengertian Dari Kanker Payudara



Apa Itu Kanker Payudara?

Sel dalam tubuh biasanya membagi (bereproduksi) hanya ketika sel-sel baru yang diperlukan. Kadang-kadang, sel-sel di bagian tubuh tumbuh dan membelah di luar kendali, yang menciptakan suatu massa dari jaringan yang disebut tumor. Jika sel-sel yang tumbuh di luar kendali adalah sel-sel normal, tumor disebut jinak (bukan kanker). Namun, jika sel-sel yang tumbuh di luar kendali yang abnormal dan tidak berfungsi seperti sel-sel normal tubuh, tumor ini disebut ganas (kanker).

Kanker diberi nama setelah bagian tubuh dari mana mereka berasal. Kanker payudara berasal dari jaringan payudara. Seperti kanker lainnya, kanker payudara bisa menyerang dan tumbuh ke dalam jaringan di sekitarnya payudara. Hal ini juga dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari tubuh dan membentuk tumor baru, proses yang disebut metastasis.


Apa yang menyebabkan kanker payudara?

Kita tidak tahu apa yang menyebabkan kanker payudara, meskipun kita tahu bahwa faktor-faktor risiko tertentu menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan itu. usia seorang wanita, faktor genetik, riwayat keluarga, riwayat kesehatan pribadi, dan diet semua berkontribusi terhadap risiko kanker payudara.

Siapa yang mendapat kanker payudara?

Kanker payudara adalah kanker paling umum di kalangan wanita selain kanker kulit. Bertambahnya usia merupakan faktor risiko yang paling umum untuk mengembangkan kanker payudara, dengan 66% dari pasien kanker payudara yang didiagnosis setelah usia 55.

Di AS, kanker payudara adalah penyebab utama kedua kematian akibat kanker pada wanita setelah kanker paru-paru, dan itu adalah penyebab utama kematian kanker di kalangan perempuan usia 35 sampai 54. Hanya 5% sampai 10% kanker payudara terjadi pada wanita dengan jelas kecenderungan genetik untuk penyakit ini. Mayoritas kasus kanker payudara yang "sporadis", artinya tidak ada mutasi gen definitif.

Apa tanda-tanda peringatan kanker payudara?

Sebuah benjolan atau penebalan di atau dekat payudara atau di ketiak yang bertahan melalui siklus menstruasi
    
Massa atau benjolan, yang mungkin merasa sekecil kacang
    
Perubahan dalam ukuran, bentuk, atau kontur payudara
    
Sebuah bernoda darah atau cairan bening cairan dari puting
    
Perubahan tampilan atau merasa dari kulit pada payudara atau puting (berlesung pipit, mengerut, bersisik, atau meradang)
    
Kemerahan pada kulit pada payudara atau puting
    
Daerah yang jelas berbeda dari daerah lain di kedua payudara
    
Sebuah wilayah mengeras seperti marmer di bawah kulit

Perubahan ini dapat ditemukan saat melakukan payudara sendiri setiap bulan ujian. Dengan melakukan ujian payudara sendiri, Anda dapat menjadi akrab dengan perubahan bulanan normal dalam payudara Anda.

Pemeriksaan payudara sendiri harus dilakukan pada waktu yang sama setiap bulan, tiga sampai lima hari setelah periode menstruasi Anda berakhir. Jika Anda berhenti menstruasi, melakukan ujian pada hari yang sama setiap bulan.
Apa jenis kanker payudara?